Para ulama mengatakan kaedah ini pada berbagai tempat. Saya akan menukilkan kepada anda beberapa lafazh yang disampaikan para ulama ketika membawakan kaedah ini.
Yang pertama adalah Al Hafizh Ibnu Hajar Al Asqolani (wafat 852 H)rohimahullah. Beliau adalah penulis kitab Bulughul Marom dan Fathul Bariy Syarah Shohih Bukhori. Beliau adalah ulama bermadzhab Syafi’iy. Beliau mengatakan dalam bab sholat dhuha ketika safar (باب صلاة الضحى في السفر),
الأَصْلُ فِيْ الْعِبَادَةِ التَّوْقِفِ
” Hukum asal dalam (perkara) ibadah adalah tauqif (=berdasarkan dalil syar’i)” [1]
Beliau mengatakan kaedah ini ketika menerangkan tentang jumlah rokaat sholat dhuha.
Kemudian ditempat lain yaitu pada bab permulaan adzan (بَابُ بَدْءُ الْأذَان) beliau mengatakan tentang kaedah ini dengan lafazh,
التَقْريِْر فِى الْعِبَادَةِ إنَّما يَؤْخُذُ عَنْ تَوْقِيْف
” Penetapan dalam (perkara) ibadah hanyalah diambil dari tauqîf (=Al Qur-an dan As Sunnah)” [2]
Kemudian Az Zarqoniy (wafat 1122 H)rohimahullah. Beliau adalah ulama bermadzhab Malikiy. Beliau adalah adalah penulis kitab Syarh Mandhumah Al Baiquniyyah Fii Mustholahul Hadits. Beliau mengatakan,
أن الأصل في العبادة التوقيف
” (Hukum) asal dalam masalah ibadah adalah tauqif. ” [3]
Kemudian Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah (wafat 728 H)rohimahullah. Beliau adalah ulama bermadzhab Hambaliy. Beliau adalah ulama besar yang menulis Majmu’ Fatawa. Beliau mengatakan,
الأصل في العبادات التوقيف
“(Hukum) asal dalam masalah masalah Ibadah adalah tauqif. ” [4]
Sebenarnya masih banyak lafazh lafazh lain yang diutarakan para ulama tentang kaedah ini aka n tetapi saya cukupkan 3 contoh ini dari berbagai ulama madzhab. Anda akan mendapati inti kaedah ini pada pembahasan ulama mengenai bid’ah, mengenai syarat diterimanya ibadah ada dua yaitu ikhlash dan mutaba’ah dan pada pembahasan khusus tentang kaedah ini.
Dalil Penetapan Kaedah
Para ulama menetapkan kaedah ini berdasarkan Al Qur-an dan As Sunnah. Saya akan menukilkan kepada anda dalil dalil yang ditetapkan para ulama dalam menetapkan kaedah ini. Saya akan menukilkan tafsir ayat atau syarah hadits agar memudahkan anda untuk memahami apa yang dimaksud ayat atau hadits tersebut.
a. Dalil Al Qur-an
a.1. Asy Syuro (42:21)
Allah berfirman,
أَمْ لَهُمْ شُرَكَاءُ شَرَعُوا لَهُمْ مِنَ الدِّينِ مَا لَمْ يَأْذَنْ بِهِ اللَّهُ وَلَوْلَا كَلِمَةُ الْفَصْلِ لَقُضِيَ بَيْنَهُمْ وَإِنَّ الظَّالِمِينَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ
“Apakah mereka mempunyai sembahan-sembahan selain Allah yang mensyariatkan untuk mereka agama yang tidak diizinkan Allah? Sekiranya tak ada ketetapan yang menentukan (dari Allah) tentulah mereka telah dibinasakan. Dan sesungguhnya orang-orang yang zalim itu akan memperoleh azab yang amat pedih. “
Al Hafizh Imam Ibnu Katsir (wafat 774 H) rohimahullah berkata:
“(أَمْ لَهُمْ شُرَكَاءُ شَرَعُوا لَهُمْ مِنَ الدِّينِ مَا لَمْ يَأْذَنْ بِهِ = Apakah mereka mempunyai sembahan-sembahan selain Allah yang mensyariatkan untuk mereka agama yang tidak diizinkan Allah?) maksudnya adalah mereka tidaklah mengikuti apa yang disyari’atkan Allah kepadamu (wahai Muhammad) dari agama yang lurus. Bahkan mereka mengikuti apa yang disyari’atkan kepada mereka dari syetan syetan mereka baik dari kalangan jin dan manusia. Mereka mengikuti pengaharaman yang diharamkan oleh syetan syetan itu, seperti unta yang telinganya dibelah (البحيرة), budak yang telah dimerdekakan (السائبة), anak domba jantan yang lahir kembar dengan anak domba betina (الوصيلة) dan (الحام). Mereka juga mengikuti penghalalan yang mereka menghalalkannya seperti bangkai, darah, judi dan yang semacam itu dari kesesatan dan kebodohan yang batil. Mereka benar benar mengada adakan penghalalan, pengharaman, ibadah-ibadah yang bathil, dan ucapan ucapan yang rusak karena kebodohan mereka.” [5] Selesai ucapan Ibnu Katsir
Ayat yang mulia ini ditujukan kepada kaum kafir musyrik dan ahli kitab yang mereka tidak mau mengikuti islam. Pada zaman itu tidak ada bid’ah. Ibadah hanyalah dikerjakan berdasarkan perintah Rosulullah shalallahu’alaihi wa sallam. Ketika kaum muslimin telah membuat ajaran ajaran dan ibadah yang tidak pernah diajarkan Rosulullah shalallahu’alaihi wa sallam maka ayat ini terkena pada mereka.
Dalam ayat ini jelas bahwa Allah mencela mereka yang mengada adakan kehalalan dan keharaman,dan ibadah padahal Allah dan Rosul-Nya tidak pernah menurunkan hujjah tentang itu.
Ulama yang berdalil dengan ayat ini diantaranya adalah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rohimahullah.
[1] Fathul Bariy 3/54 karya Ibnu Hajar al Asqolani rohimahullah. [Maktabah Syamilah]
[2] Fathul Bariy 2/80 karya Ibnu Hajar al Asqolani rohimahullah. [Maktabah Syamilah]
[3] Syarh Az Zarqoniy ‘Alal Muwaththo’ Imam Malik 1/434 karya Az Zarqoniy rohimahullah. [Maktabah Syamilah]
[4] Al Qowa’idun Nuroniyyah 1/112 karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rohimahullah. [Maktabah Syamilah]
[5] Tafsir Al Qur-anul ‘Adhim 7/198 karya Al Hafizh Ibnu Katsir rohimahullah. [Maktabah Syamilah]
alwajiz.co.nr
0 komentar:
Posting Komentar